Tanaman Obat : Tempuyung


div.Section0{page:Section0;}
Klasifikasi Tanaman Tempuyung
· KINGDOM: Plantae
· FILUM: Magnoliophyta
· KELAS: Magnoliopsida
· ORDO: Asterales
· FAMILI: Compositae
· GENUS: Sonchus
· SPESIES: Sonchus oleraceus L

Manfaat 

Mengatasi Batu Ginjal atau Kencing Batu

Daun tempuyung telah lama dimanfaatkan dalam pengobatan tradisional untuk mengatasi dan menyembuhkan penyakit batu ginjal atau kencing batu. Penelitian menemukan ekstrak daun tempuyung ampuh melarutkan dan menghancurkan batu ginjal.

Buat Anda yang ingin sembuh dari penyakit kencing batu tinggal rebus beberapa lembar daun tempuyung kering dengan air hingga tersisa setengahnya. Kemudian saring dan minum airnya.

Mengontrol Tekanan Darah

Manfaat daun tempuyung juga efektif untuk mengontrol dan menurunkan tekanan darah. Makan saja lalapan daun tempuyung yang dikukus. Selain nikmat dimakan dengan sambal juga berkhasiat untuk kesehatan.

Mengatasi Penyakit Asam Urat

Buat Anda yang menderita penyakit asam urat coba saja diatasi dengan daun tempuyung. Kandungannya yang kaya dengan flavanoid berkhasiat meredakan nyeri pada penyakit yang banyak dialami orang lanjut usia ini.

Mengobati Luka Bakar

Luka bakar karena tersulut api atau terkena benda maupun cairan panas bisa diredakan dengan tumbukan herbal ini yang ditempelkan pada tubuh yang luka. Kandungan daun tempuyung yang dingin berkhasiat untuk mengatasinya.

Mengatasi Bisul

Manfaat daun tempuyung juga berkhasiat mengatasi dan meredakan sakit bisul. Radang ini bisa diatasi dengan daun tempuyung yang sudah ditumbuk kemudian tempelkan pada bagian tubuh yang terdapat bisul. Lakukan beberapa kali hingga sembuh.

Mengatasi Memar Tubuh

Luka memar bisa terjadi karena benturan atau pukulan benda tumpul. Untuk mengobatinya, Anda bisa menggunakan beberapa lembar daun tempuyung yang ditumbuk lalu ditempelkan pada tubuh yang sakit.

Menguatkan Tulang

Daun tempuyung mengandung banyak kalsium yang berkhasiat untuk menguatkan tulang sekaligus mencegah pengeroposan tulang. Konsumsi rebusan herbal ini secara berkala untuk menjaga kesehatan tulang.

Sebagai Penawar Racun Tubuh

Manfaat daun tempuyung juga ampuh dalam menangkal dan membuang racun yang masuk ke dalam tubuh. Hal ini karena kandungan antioksidan dalam herbal ini yang cukup tinggi.

Mengobati Diare

Diare dan gangguan pencernaan umumnya terjadi karena serangan bakteri, khususnya melalui makanan. Untuk mengatasinya Anda bisa minum rebusan daun tempuyung yang kaya senyawa kimia.

Mengatasi Radang Payudara

Radang payudara yang biasanya muncul saat haid atau sesudah melahirkan bisa diatasi dengan daun tempuyung. Kandungan kimia tanaman herbal ini berkhasiat mengatasi gangguan yang menyertai haid.

Itulah beragam manfaat daun tempuyung untuk kesehatan termasuk cara pengobatannya. Anda bisa merebus daun herbal ini dengan ditambahkan herbal lain atau dengan menumbuknya sebagai obat luar. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Gulir ke Atas
small_c_popup.png

Let's have a chat

Bantuan langsung Perpustakaan Amarta