Tanaman Obat : Pegagan


KLASIFIKASI
· Kingdom : Plantae
· Divisi : Spermatophyta
· Kelas : Dicotyledone
· Ordo : Umbillales
· Famili :  Umbilliferae (Apiaceae)
· Genus : Centella
· Spesies : Centella asiatica

Pegagan (LatCentella Asiatica) merupakan tanaman liar yang banyak tumbuh di perkebunanladang, tepi jalan,serta pematang sawah. Tanaman ini berasal dari daerah Asia tropik, tersebar di ASIA Tenggara termasuk IndonesiaIndiaRepublik Rakyat TiongkokJepang dan Australia kemudian menyebar ke berbagai negara-negara lain. Nama yang biasa dikenal untuk tanaman ini selain pegagan adalah daun kaki kuda dan antanan. Sering digunakan sebagai penutup tanah, adakalanya dimakan sebagai sayuran. Berkhasiat sebagai obat tradisional untuk berbagai penyakit.

Manfaat Tanaman Daun Pegagan

  • Memperlancar Aliran Darah

Para penderita insufisiensi vena dan juga varises, maka daun pegagan bisa dimanfaatkan untuk bisa memperlancar aliran darah. Bisa juga untuk meredakan gejala-gejalanya seperti halnya kaki terasa berat, nyeri, dan juga membengkak.

Kandungan triterpenes dalam tanaman ini yang tak lain merupakan zat anti-radang. Triterpenes ini juga berfungsi untuk mempercepat berbagai proses penyembuhan luka, di samping untuk meningkatkan antioksidan dan juga suplai darah untuk menuju area kulit yang telah terluka.

  • Membantu Penyembuhan Luka

Selain untuk memperlancar aliran darah, maka kandungan triterpenes pada tanaman daun pegagan juga dikatakan sangat berperan aktif dalam hal merangsang pembentukan glikosaminoglikan dan kolagen. Hal ini untuk proses penyembuhan luka supaya lebih cepat.

Ada lagi zat yang paling banyak berkontribusi dalam hal menghasilkan manfaat daun pegagan ini untuk mengobati luka. Kandungan asiaticoside, sebuah zat yang secara medis sudah sangat diakui akan efektivitasnya untuk bisa menyembuhkan luka, dan antilepra.

  • Menghilangkan Stretch Marks

ManfaatManfaat lain dari daun pegagan ini untuk menghilangkan stretch marks. Hal ini tak lepas dari sebuah kandungan senyawa terpenoid yang sangat berperan dalam pembentukan kolagen. Tak hanya untuk menghilangkan stretch marks, maka daun pegagan ini juga sangat mampu untuk mencegah timbulnya stretch marks yang muncul di kemudian hari.

  • Mencegah Penuaan Dini

Penuaan dini merupakan salah satu dari masalah kulit yang paling dihindari. Namun, hal ini tak bisa untuk dipungkiri jika seiring bertambahnya usia Anda maka produksi kolagen alami di dalam tubuh akan berkurang.

Untuk bisa meningkatkan kembali produksi kolagen tersebut, maka Anda bisa untuk mencoba mengonsumsi daun pegagan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Gulir ke Atas
small_c_popup.png

Let's have a chat

Bantuan langsung Perpustakaan Amarta