Tanaman Hias : Kuping Gajah ( Anthurium crystalinum)


Klasifikasi
·                     Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
·                     Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
·                     Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Liliopsida (berkeping satu / monokotil)
Sub Kelas: Arecidae
Ordo: Arales
Famili: Araceae (suku talas-talasan)
Genus: Anthurium
Spesies: Anthurium crystallinum

Kuping Gajah merupakan sebutan lokal yang umum untuk menunjukkan Anthurium Crystalinum ini. Corak daun terbentuk dari tulang-tulang daun yang umumnya berwarna lebih muda, berkembangbiak sangat mudah melalui biji yang sering berbuah dan matang. Selain itu stek batang dapat dilakukan dan tidak membutuhkan perawatan khusus, bahkan bisa dilakukan penanaman dalam media tanah biasa.

Morfologi Tanaman Kuping Gajah

Tanaman kuping gajah memiliki ciri-ciri morfologi tertentu. Nah, di bawah ini akan dijelaskan ciri-ciri tersebut:

1. Morfologi Akar

Tanaman kuping gajah atau Aunthurium memiliki akar serabut dengan jumlah cukup banyak. Sebagian besar akar baik yang tua maupun muda pasti berwarna putih kecokelatan.

Karena tergolong akar serabut, maka akar tanaman kuping gajah akan menyebar ke segala arah. Bahkan kadang terlihat mencuat ke permukaan.

Karena hal itu, untuk menanam tanaman kuping gajah, tidak boleh sebarangan sekalipun bisa tumbuh tanpa disiram. Yang perlu dilakukan adalah memastikan media tanam menggunakan porous.

2. Morfologi Batang

Ada yang mengatakan tanaman kuping gajah tidak memiliki batang. Padahal batangnya ada cuma tidak terlihat karena tertanam di tanah. Baru jika tanaman membesar, batangnya mulai terlihat. Karena bentuknya berbonggol-bonggol yang perlahan-lahan muncul ke permukaan.

Ciri-ciri batang tanaman kuping gajah selanjutnya adalah tekstur lembek dan mudah patah. Karena di dalam batangnya terdapat air disertai getah yang kental.

Selain itu, tidak ada satupun varian tanaman kuping gajah yang batangnya berkayu. Sekalipun demikian, di permukaan batang masih terlihat buku-buku yang menonjol dengan jelas.

Batang tanaman aunthorium semakin terlihat jika usianya sudah tua. Karena banyak daun yang rontok sehingga ranggas yang tersisa memperlihatkan batang yang mencuat ke permukaan tanah.

3. Morfologi Daun

Tanaman kuping gajah memiliki susunan daun tertentu. Salah satu cirinya adalah berimbun kompak dan memiliki ketebalan daun setara.

Yang unik dari daun aunthurum adalah bentuk daunnya bermacam-macam. Ada yang lonjong, berbentuk seperti jantung serta lancip. Bahkan ada daun yang berbentuk memanjang.

Jika diraba dengan tangan, ujung daun kuping gajah tipis dan lancip. Semakin ke ujung semakin kecil dan mengerucut.

Teksturnya lebih kaku namun tidak tajam. Yang elegan dari daun tanaman kuping gajah adalah guratan daunnya terlihat jelas. Sehingga warna hijau dan ungu daun lebih kontras dengan warna putih garis tulang daun.

Untuk panjang daun bervariasi. Ada yang 10 cm hingga 30 cm. Berapapun ukuran daun, jika dilihat lebih detil mengkilap sehingga daun terlihat lebih eksotis.

4. Morfologi Bunga

Morfologi tanaman kuping gajah yang berikutnya adalah morfologi bunga. Ini perlu diketahui supaya pemahaman tentang tanaman jauh lebih lengkap dan detil.

Bunga tanaman kuping gajah berjenis One House atau bunga berumah satu. Artinya, di dalam satu kelopak terdapat dua kelamin yaitu kelamin jantan dan betina yang disebut sel gamet.

Untuk unsur bunga bermacam-macam, sekalipun semuanya dimiliki tanaman. Selain memiliki tangkai, tanaman kuping gajah juga memiliki mahkota dan tongkol. Namun pada tanaman ini, semua menyatu yang jika dilihat sekilas seperti ekor.

Yang unik dari bunga tanaman kuping gajah adalah sekalipun menyatu tetapi sel jantan dan betina memiliki morfologi berbeda. Sel jantan terlihat dari munculnya benang sari, sedangkan sel betina memiliki lendir.

Jika mencari putik dan tepung sari tidak akan ditemukan pada bunga. Karena untuk tanaman kuping gajah putik menempel pada tongkolnya.

5. Morfologi Buah dan Biji

Tanaman kuping gajah memiliki buah dengan bentuk serupa buah lain yaitu bulat. Anda bisa mencarinya di bagian tongkol, karena buah tanaman ini menempel di tempat tersebut.

Ciri-ciri buah tanaman kuping gajah terlihat pada warnanya. Karena buah yang matang dengan yang masih muda, warnanya tidak sama. Jika sudah matang buah berwarna merah. Sedangkan yang masih mentah berwarna hijau. Biji tanaman kuping gajah menempel di tongkol. Namun jika sudah tua akan terlepas sendirinya. Biji inilah yang menjadi penyemai untuk memperbanyak tanaman. Inilah penjelasan klasifikasi dan morfologi tanaman kuping gajah.

Manfaat

1.Untuk relaksasi
Anthurium memiliki daun yang lebar dan berwarna hijau, sehingga tanaman hias ini akan sangat menenangkan ketika dipandang. Karena warna dan aroma dari tanaman ini membuat anda akan merasakan efek relaksasi pada tubuh sehingga menjadikan tubuh kita akan terasa ringan dan rileks.

2. Mengobati bengkak pada mulut
Selain dapat mengobati bengkak pada tenggorokan, tanaman Anthurium jenis andreanum juga dapat dijadikan obat untuk mengatasi pembengkakan pada mulut. Ramuan ini akan mengatasi pembengkakan yang terjadi secara maksimal. Ambilah daun Athurium andreanum secukupnya kemudian rebus dengan air sampai benar-benar mendidih. Angkat saring dan biarkan dingin. Berkumurlah dengan air tersebut kemudian diminum. Lakukan secara rutin dan teratur.

3. Sebagai obat bengkak pada tenggorokan
Bengkak pada bagian tenggorokan merupakan keadaan dimana tenggorokan mengalami peradangan yang diakibatkan oleh kuman atau bakteri. Pada saat anda mengalami bengkak pada tenggorokan tentunya anda akan sangat kesusahan dan sedikit kesakitan apabila menelan makanan. Bengkak pada tenggorokan juga bisa menimbulkan badan mengalami meriang. Bengkak pada tenggorokan ini ternyata bisa diobati menggunakan ramuan dari tanaman Anthurium jenis Andreanum. Anthurium jenis ini memiliki kandungan yang akan mengatasi kuman atau bakteri penyebab bengkak pada tenggorokan. Cukup dengan merebus daun Anthurium Andreanum sampai benar benar mendidih lalu air rebusan tersebut diminum. Lakukan cara tersebut secara rutin dan teratur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Gulir ke Atas
small_c_popup.png

Let's have a chat

Bantuan langsung Perpustakaan Amarta