Tanaman Obat : Kumis Kucing


· Kingdom: Plantae
· Sub kingdom: Virdiplantae
· Super divisi: Embryophyta
· Divisi: Tracheophyta
· Sub divisi: Spermatophytina
· Kelas: Magnoliopsida
· Ordo: Lamiales
· Family: Lamiaceae
· Genus: Orthosiphon Benth.
Spesies: Orthosiphon aristatus

Morfologi akar serta batang tanaman kumis kucing

Tanaman kumis kucing, merupakan tanaman berjenis terna dimana mereka bisa tumbuh dan memiliki panjang batang tanaman sampai dengan 2 meter. Dan karena berdiri tegak, tanaman ini memiliki jenis akar tunggang.

Batang dari tanaman kumis kucing berbentuk seperti segi empat dengan memiliki permukaan yang hampir semuanya berbulu.

Meski begitu, bulu yang dimiliki tanaman kumis kucing tidak terlalu lebat. Ada yang pendek, namun ada juga yang tidak memiliki sama sekali.

Morfologi daun kumis kucing

Daun kumis kucing, merupakan salah satu bagian tanaman yang juga sering dimanfaatkan oleh orang banyak. Bentuk dari daun tanaman ini bisa dibilang ke dalam kategori tunggal. Mereka memiliki bermacam bentuk, mulai dari oval, lonjong, sampai dengan belah ketupat.

Baik permukaan ataupun bagian bawah dari tanaman kumis kucing, kedua sisi tersebut memiliki permukaan yang  halus dengan bulu-bulu yang halus juga. Daun tanaman kumis kucing, entah bagian atas maupun bawah, terdapat bintik-bintik atsiri yang sangat banyak.

3. Morfologi bunga daun kumis kucing

Ciri dari bunga tanaman kumis kucing, ialah bentuk bunga tandan yang ada di bagian cabang dari tanaman tersebut. untuk kelopaknya sendiri, tanaman kumis kucing mempunyai kelopak yang dapat mengeluarkan kelenjar, berurat, serta pangkalnya terdapat bulu-bulu yang pendek.

Ukuran mahkota tanaman kumis kucing, sekitar 13 s/d 27 mm dengan ciri-ciri seperti: pada bagian atas, mahkota dari tanaman ini di tutupi oleh bulu-bulu yang halus dan pendek.

Dimana nantinya, bulu-bulu ini akan berubah warna seiring waktu. Mulai dari warna ungu hingga sampai ke warna putih. Rata-rata bentuk helai bunga dari tanaman kumis kucing, adalah bundar serta tumpul.

Jika dibandingkan dengan beberapa komponen lain, benang sari dari tanaman kumis kucing bisa di bilang lebih panjang dari pada yang lainnya. Tanaman ini juga mempunyai buah yang berukuran sekitar 1 s/2 mm berwarna cokelat gelap.

Manfaat:

Membantu masalah pernapasan, menyembuhkan infeksi saluran kemih, mengontrol gula darah, menurunkan berat badan, mengobati gangguan ginjal, menurunkan tekanan darah tinggi, anti jamur, membantu proses detoksifikasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Gulir ke Atas
small_c_popup.png

Let's have a chat

Bantuan langsung Perpustakaan Amarta