Tanaman Hias : Palem Bambu

Kingdom: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Liliopsida
Ordo: Arecales
Famili: Arecaceae
Genus: Chamaedorea
Spesies: Chamaedorea erumpems

Palem jenis ini (Chamaedorea erumpems) pertama kali ditemukan di kawasan Amerika Selatan. Ciri-ciri palem ini yaitu tumbuh menyerupai semak-semak yang tiap lembaran daunnya melebar. Pohon imi mampu menghasilkan bunga yang cantik berwarna merah putih. Pohon palem bambu adalah jenis pohon palem yang paling diminati untuk dijadikan tanaman hias, karena bentuk pohonnya sangat familiar. Apabila pohon bambu asli memiliki ukuran yang tinggi dan tidak bisa dijadikan tanaman hias, maka solusinya dengan memakai pohon palem bambu. Ruangan akan menjadi segar dengan hadirnya pohon palem bambu.

Kini rumah-rumah dengan konsep modern menerapkan pohon palem bambu sebagai desain interior dan hadirnya pohon palem bambu membuat tampilan ruangan lebih berkelas. Polusi udara yang biasanya disebabkan oleh kendaraan, maka bisa diatasi dengan menanam pohon palem bambu di lingkungan rumah. Pohon ini juga tidak tajam seperti bambu asli, jadi aman disimpan di rumah.

Pohon palem bambu menjadi tanaman yang sangat mudah melakukan proses adaptasi dengan lingkungan, karena bisa ditempatkan di berbagai media tanam. Secara umum memang pemeliharaan jenis palem tidaklah sulit, tidak perlu ada perawatan rutin setiap hari. Pohon palem bambu memiliki bentuk akar yang kuat, sehingga bisa hidup dalam waktu lama.
Untuk menanam pohon palem bambu tidaklah memerlukan perlakuan yang khusus. Bagi anda yang berminat mengoleksi pohon palem bambu di rumah, bisa membelinya di berbagai toko bunga atau bisa melakukan pemesanan secara online. Pilihlah situs terpercaya yang bisa memberikan pohon palem bambu dengan kualitas baik.

Pohon palem bambu biasanya dijual untuk berbagai keperluan dan setiap penjual pohon bambu pasti memiliki tingkatan pohon palem bambunya, mulai dari kualitas grade sampai kualitas super. Harga pohon palem bambu sangatlah bervariasi, tergantung kualitas dan ukurannya. Pohon palem bambu yang dewasa memiliki harga yang relatif tinggi.

Cara berkembang biak tanamam palem bambu comodoria

  1. Berkembang biak dengan biji, biji  yang dihasilkan berwarna hijau, dan kemudian memerah kemudian bila sudah tua berwarna hitam, ukuran biji sebesar merica, diameter kira kera 0,4 sampai 0,6 cm.
  2. Berkembang biak dengan memisahkan anakan baru, metode ini kurang efektive karena tingkat keberhasilan hanya 70 persen

Perawatan tanaman palem bambu comodoria

  1. Dari biji yang disemai dilakukan pembenihan/ pendederan/ breading selama 3 bulan, perawatan penyiraman dengan air, tidak ada pemupukan, tetapi pencahayaan diperlukan 50 persen
  2. Memindahahkan ke kantong polybag ukuran diameter 10 cm, perawatan penyiraman dan pencahayaan 75 persen, serta pemberian pupuk organik dengan dosis minim.
  3. Setelah berumur 10 bulan, pindahkan ke kantong 35 dengan media campuran pupuk organik, Pupuk NPK dengan dosis rendah, pencahayaan dapat langsung 100 persen, perawatan selain pencahayaan, juga penyiraman, penyiangan rumput liar, serta pengendalian hama dengan menyemprotkan pestisida
  4. Setalah tinggi tanaman palem bambu mencapai 1, 5 meter perawatan yang diperlukan lebih banyak penyiraman, dan semprot pestisida, serta sekali kali pemberian pupuk daun. pada tahapan ini pohon palem bambu ini akan bertunas dan berumpun

Harga palem bambu comodoria bervariasi, tetapi untuk yang ukuran rimbun rumpunnya dengan tinggi 4 meter harga bisa mencapai 1 juta rupiah di tinggkat pedagang lapak tanaman hias.sumber: www.ijoasri.comShare

Manfaat

Pohon palem bambu biasanya dipakai untuk dijadikan tanaman hias, meskipun namanya pohon palem bambu dan sangat identik dengan bambu, tapi pohon palem bambu tidak masuk dalam keluarga bambu-bambuan. Pohon palem bambu bisa diterapkan di daerah perkantoran, kawasan perumahan, area taman kota dan berbagai tempat lainnya. Pohon palem bambu kebanyakan memang diterapkan di dalam ruangan, karena pohon palem bambu dipercaya bisa menangkal dingin yang dihasilkan AC. Angin dari AC yang keluar terus menerus akan membuat badan tidak sehat dan dengan menggunakan pohon palem bambu, maka angin AC akan sedikit terkontrol dan udara AC-nya akan menjadi lebih sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Gulir ke Atas
small_c_popup.png

Let's have a chat

Bantuan langsung Perpustakaan Amarta