Tanaman Hias : Anthurium jenmanii

Kingdom – Plantae
Sub Kingdom – Viridiplantae
Infra Kingdom – Streptophyta
Divisi – Tracheophyta
Sub Divisi – Spermatophyta
Super Divisi – Embryophyta
Kelas – Magnoliopsida
Sub Kelas – Lilianae
Ordo – Alismatales
Famili – Araceae
Genus – Anthurium
Species – Anthurium jenmnii Engl

Morfologi Tanaman Gelombang Cinta

Morfologi dari tanaman gelombang cinta ini memiliki morfologi yang unik dan terdiri atas akar, batang, daun serta bunga hingga buah dan biji. Berikut ini pembahasannya untuk anda.

1. Akar Tanaman Gelombang Cinta

Akar yang dimiliki oleh tanaman gelombang cinta ini termasuk pada jenis akar tanaman yang memiliki sistem perakaran banyak dan disertai dengan warna yang putih.

Sistem perakaran dari tanaman gelombang cinta ini dapat bertumbuh dengan cara yang menyebar ke berbagai arah. Maka dari itu, tanaman gelombang cinta ini akan memerlukan media tanam yang berupa porous.

Biasanya, akar yang dimiliki oleh tanaman gelombang cinta sangat unik dan menarik. Namun, akar tanaman gelombang cinta ini bisa dibilang mirip dengan jenis tanaman akar pada umumnya.

Dalam hal ini, akar yang dimiliki oleh tanaman gelombang cinta ini memiliki fungsi yang akan memperkuat tanaman tersebut dan bisa menghasilkan pertumbuhan yang maksimal jika akar menyerap sari atau zat-zat makanan dengan baik.

2. Batang Tanaman Gelombang Cinta

Batang yang berasal dari tanaman gelombang cinta ini tidak terlihat. Kenapa? Disebabkan, tanaman gelombang termasuk pada jenis tumbuhan yang berpembuluh.

Pasalnya, batang yang dimiliki oleh tanaman gelombang cinta ini dapat ditanaman pada tanah dan bisa bertumbuh dengan baik serta tegak keatas apabila media tanamnya berjalan dengan baik.

Seringkali batang tanaman gelombang cinta yang sudah tua, maka batangnya akan membesar dan berkembang hingga menjadi bentuk seperti bonggol.

Batang tanaman gelombang cinta ini akan berbuku dan tidak berkayu serta cenderung berair. Jika tanaman gelombang cinta ini terlihat tua, maka hal ini bertanda kalau daunnya akan mudah rontok sehingga batang akan terlihat jelas diatas permukaan tanah.

3. Daun Tanaman Gelombang Cinta

Daun yang dimiliki oleh jenis tanaman gelombang cinta ini menjadi salah satu jenis daun yang terstruktur secara rapih, tebal dan kaku.

Bentuk daun yang dimilikinya sangat bervariasi, hal ini hanya tergantung dari jenis tanaman gelombang cinta itu sendiri. Ada bentuknya menyerupai jantung, lancip serta lonjong dan memanjang.

Daun yang berasal dari tanaman gelombang cinta ini akan tersedia ujung daun yang terlihat seperti meruncing dan pertulangan daun yang dimilikina akan terlihat besar serta menonjol.

Biasanya permukaan daun yang dimiliki oleh tanaman gelombang cinta ini akan terdapat gurat dan bersifat mengkilap. Secara umum, daun tanaman gelombang cinta ini memiliki panjang sekitaran 10-30 cm.

4. Bunga Tanaman Gelombang Cinta

Bunga tanaman gelombang cinta ini menjadi salah satu jenis bunga yang berumah satu, dalam hal ini bunga tanaman gelombang cinta akan terdiri atas satu bunga yang terdapat pada sel gamet jantan dan betina.

Bunga yang dimiliki oleh tanaman gelombang cinta ini akan terdiri dari tangkai serta mahkota dan juga tongkol. Hal inilah yang membuat tanaman gelombang cinta menjadi semakin menarik.

Lalu kemudian, bunga tanaman gelombang akan menjadi suatu kesatuan dengan bentuk yang hampir sama dengan ekor.

Bunga jantan biasanya akan ditandai dengan benang sari yang bisa ditemukan di bunga. Sementara bunga betina tanaman gelombang cinta akan ditandai dengan lendir di bunga. Putik serta tepung sari biasanya akan terdapat pada tongkol yang sedang menempel.

5. Buah dan Biji Tanaman Gelombang Cinta

Pada tanaman gelombang cinta terdapat buah yang dapat menempel dibagian tongkol dan memiliki buah dengan bentuk yang bulat.

Buahnya akan terlihat warna hijau apabila buah tanaman gelombang cinta ini masih muda. Namun, jika buah dari tanaman gelombang cinta sudah matang atau sudah siap dipanen, maka warnanya akan berubah hingga menjadi merah.

Biji tanaman gelombang cinta terdapat di bagian dalam buah yang dimilikinya, jika biji buah telah terlihat matang dan sudah terlepas dari tongkol, maka ini biasanya digunakan untuk memperbanyak tanaman.

Bibit tanaman gelombang cinta ini akan dihasilkan dari proses perbanyakan bijinya, dan pada umumnya ini akan memiliki sifat yang berbeda, hanya tergantung dari induknya.

Manfaat Tanaman Hias Anthurium untuk Kesehatan

1. Untuk relaksasi
Anthurium memiliki daun yang lebar dan berwarna hijau, sehingga tanaman hias ini akan sangat menenangkan ketika dipandang. Karena warna dan aroma dari tanaman ini membuat anda akan merasakan efek relaksasi pada tubuh sehingga menjadikan tubuh kita akan terasa ringan dan rileks.

2. Sebagai obat bengkak pada tenggorokan
Bengkak pada bagian tenggorokan merupakan keadaan dimana tenggorokan mengalami peradangan yang diakibatkan oleh kuman atau bakteri. Pada saat anda mengalami bengkak pada tenggorokan tentunya anda akan sangat kesusahan dan sedikit kesakitan apabila menelan makanan. Bengkak pada tenggorokan juga bisa menimbulkan badan mengalami meriang. Bengkak pada tenggorokan ini ternyata bisa diobati menggunakan ramuan dari tanaman Anthurium jenis Andreanum. Anthurium jenis ini memiliki kandungan yang akan mengatasi kuman atau bakteri penyebab bengkak pada tenggorokan. Cukup dengan merebus daun Anthurium Andreanum sampai benar benar mendidih lalu air rebusan tersebut diminum. Lakukan cara tersebut secara rutin dan teratur.

3. Mengobati bengkak pada mulut
Selain dapat mengobati bengkak pada tenggorokan, tanaman Anthurium jenis andreanum juga dapat dijadikan obat untuk mengatasi pembengkakan pada mulut. Ramuan ini akan mengatasi pembengkakan yang terjadi secara maksimal. Ambilah daun Athurium andreanum secukupnya kemudian rebus dengan air sampai benar-benar mendidih. Angkat saring dan biarkan dingin. Berkumurlah dengan air tersebut kemudian diminum. Lakukan secara rutin dan teratur.

4. Dapat mengobati diabetes
Salah satu bagian dari tanaman hias ini yang cukup bermanfaat adalah bagian akarnya. Akar dari anthurium mempunyai manfaat yang sangat baik untuk mengobati diabetes. Akar dari anthurium dpat mengontrol kadar gula darah, sehingga dapat membantu anda penderita diabetes.

5. Dapat mengobati gangguan pada ginjal
Selain bermanfaat untuk mengobati diabetes, akar dari anthurium ternyata masih memiliki manfaat lainnya. Manfaat lainnya dari akar anthurium yaitu dapat dijadikan sebagai obat untuk mengobati gangguan pada ginjal. Ginjal merupakan salah satu organ pencernaan yang sangat penting, sehingga apabila ginjal mengalami gangguan, sudah pasti kesehatan pencernaan anda akan terganggu. Gangguan pada ginjal dapat berupa tidak optimalnya kerja ginjal, munculnya batu ginjal, bahkan sampai menyebabkan terjadinya gagal ginjal, yang pastinya sangat berbahaya bagi kesehatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Gulir ke Atas
small_c_popup.png

Let's have a chat

Bantuan langsung Perpustakaan Amarta