Tanaman Buah : Jeruk Nipis Varigata

Klasifikasi:
Kingdom: Plantae
Subkingdom: Tracheobionta
Super Divisi: Spermatophyta
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Sub Kelas: Rosidae
Ordo: Sapindales
Famili: Rutaceae
Genus: Citrus
Spesies: Citrus aurantifolia (Anonimus, 2012)

Nama:
Lokal   : Kuyuen (Aceh)
Latin    : Citrus aurantifolia

Deskripsi:
Pohon kecil bercabang lebat, tidak beraturan, tinggi 1,5-3,5 m, batang bulat, berduri pendek, kaku dan tajam. Daun tunggal tangkai daun bersayap sempit. Helaian daun berbentuk jorong sampai bundar telur jorong, pangkal bulat, ujung tumpul, tepi beringgit, permukaan atas berwarna hijau tua mengilap, permukaan bagian bawah berwarna hijau muda, panjang 2,5-9 cm, lebar 2-5 cm. Bunga majemuk, tersusun dalam malai yang keluar dari ketiak daun, bunga berbentuk bintang, diameter 1,5-2,5 cm, berwarna putih, harum. Buah buni, bulat sampai bulat telur, diameter 2,5-5 cm, kulit tipis tanpa benjolan, hijau yang akan menjadi kuning jika matang, rasanya asam. Bijinya banyak, kecil-kecil, licin, bulat (Dalimartha, 2000).

kandungan Kimia
Jeruk Nipis mempunyai unsur-unsur senyawa kimia yang bermanfaat. Misalnya: limonen, linalin asetat, geranil asetat, fellandren dan sitral. Di samping itu jeruk nipis mengandung asam sitrat. 100 gram buah jeruk nipis mengandung vitamin C sebesar 27 miligram, kalsium 40 miligram, fosfor 22 miligram, hidrat arang 12.4 gram, vitamin B1 0.04 miligram, zat besi 0.6 miligram, lemak 0.1 gram, kalori 37 gram, protein 0.8 gram dan mengandung banyak air 86 gram. Buah jeruk nipis memiliki rasa pahit, asam, dan bersifat sedikit dingin. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam jeruk nipis di antaranya adalah asam sitrat sebnyak 7-7,6%, damar lemak, mineral, vitamin B1, sitral limonene, fellandren, lemon kamfer, geranil asetat, cadinen, linalin asetat. Selain itu, jeruk nipis juga mengandung vitamin C sebanyak 27mg/100 g jeruk, Ca sebanyak 40mg/100 g jeruk, dan P sebanyak 22 mg. Jeruk Nipis mengandung minyak terbang limonene dan linalool. Selain itu, juga mengandung flavonoid, seperti poncirin, hesperidine, rhoifolin dan naringin. Buah masak mengandung synephrine dan N-methyltyramine. Disamping itu juga mengandung asam sitrat, asam amino (triptofan, lisin), minyak asttiri (sitral, limonen, felandren, terfineol, kamfen), kalsium, fosfor, besi dan vitamin A, B1, C  (Jieer, 2015).

Tanaman genus Citrus merupakan salah satu tanaman penghasil minyak atsiri yang merupakan suatu substansi alami yang telah dikesnal memiliki efek sebagai antibakteri. Minyak atsiri yang dihasilkan oleh tanaman yang berasal dari genus Citrus sebagian besar mengandung terpen, siskuiterpen alifatik, turunan hidrokarbon teroksigenasi, dan hidrokarbon aromatik. Komposisi senyawa minyak atsiri dalam jeruk nipis (Citrus aurantifolia) adalah limonen (33,33%), β-pinen (15,85%), sitral (10,54%), neral (7,94%), γ-terpinen (6,80%), α-farnesen (4,14%), α-bergamoten (3,38%), β-bisabolen (3,05%), α-terpineol (2,98%), linalol (2,45%), sabinen (1,81%), β-elemen (1,74%), nerol (1,52%), α-pinen (1,25%), geranil asetat (1,23%), 4-terpineol (1,17%), neril asetat (0,56%) dan trans-β-osimen (0,26%) (Jieer, 2015).

Manfaat
1. Buah
Buah Jeruk Nipis memiliki rasa yang pahit, asam, sedikit dingin, dan berkhasiat untuk:

  1. a) Manfaat Air Jeruk nipis antara lain :
    – Penyedap makanan
    – Penyedap minuman
    – Penyegar
    – Bahan pembuat asam sitrat
    – Membersihkan karat pada logamdan kulit yang kotor
    – Campuran jamu
    – Menghilangkan sumbatan energi
    – Obat batuk
    – Menghilangkan kelelahan
    – Peluruhan dahak (mukolitik)
    – Peluruh kencing (diuretic)
    – Peluruh keringat/menghilangkan bau badan
    – Suara serak
  2. b) Mamfaat dari Buah Jeruk Nipis antara lain :
    – Mengurangi panas perut
    – Mengurangi penyakit empedu
    – Menambah nafsu makan
    – Membantu proses pencernaan
    – Menghentikan kebiasaan merokok
    – Influenza
    – Mencegah rambut rontok
    – Menghindari keriput pada wajah
    – Melangsingkan badan
    – Menghilangkan Ketombe
    – Menambah stamina
    – Mencegah haid yang tidak teratur
    – Menyembuhkan amandel
    – Menyembuhkan sesak nafas
    – Menyembuhkan sembelit
    – Menyembuhkan perut mulas pada waktu datang haid
    – Disentri
    – Difteri
    – Menghilangkan jerawat
    – Menyembuhkan perut mual
    – Menyembuhkan mimisan.
  3. c) Mamfaat dari Kulit Jeruk Nipis antara lain :
    – Mencengah ngengat/tungau
    – Menetrilisir udara kotor
    – Mengharumkan atau mengurangi bau mulut tak sedap.
    – Membantu proses pencernaan
  4. d) Mamfaat dari Biji Jeruk Nipis antara lain :
    – Bermanfaat terhadap bisa (racun) yang mematikan
    – Bermanfaat terhadap sengatan kalajengking

2. Bunga
Bunga dari Jeruk nipis memiliki aroma yang harum dan biasanya digunakan untuk pengobatan tekanan darah tinggi.

3. Daun
Daun dari Jeruk Nipis ini dapat digunakan untuk pengotan kepala pusing/vertigo, gigi berlubang, sakit pinggang, menurunkan tekanan darah tinggi, deman/panas pada saat malaria.

4. Akar
Akar jeruk nipis biasa digunakan untuk pengobatan ambeien, wasir (Jieer, 2015).

Anonimus (2018), juga menambahkan beberapa manfaat dari jeruk nipis antara lain:
Meredakan Ambeien:
Ambil beberapa potong akar jeruk nipis. Bersihkan dari tanah, kemudian direbus dengan setengah liter air hingga air tersisa separohnya, saring dan minum airnya selagi hangat. Lakukan ini setiap hari pada sorenya saat mau istirahat.

Mengatasi Terlambat datang bulan:
Ambil 1 buah jeruk nipis, 2 rimpang kunyit sebesar ibu jari, kapur sirih dan garam secukupnya. Parut kunyit kemudian diperas untuk diambil airnya. Tambahkan air perasan jeruk nipis yang, kemudian beri kapur sirih dan garam secukupnya . Cukup minum ramuan tersebut 1 kali sehari.

Mengatasi Nyeri Haid:
Ambil 1 buah jeruk nipis, jahe sebesar ibu jari, 3 mata buah asam yang sudah masak, dan seppotong gula kelapa. Jeruk nipis diperas dan ambil airnya, jahe diparut dan diperas, kemudian kedua cairan perasan jeruk nipis dan jahe ditambahkan ¾ gelas air masak,  lalu saring.Cukup diminum pada hari pertama datangnya haid.

Mengatasi Perut mules:
Ambil 1 buah jeruk nipis dan 1 rimpang kunyit sebesar ibu jari. Caranya kunyit diparut, diperas dan airnya diberi air jeruk nipis. Minum saat perut merasa mules. Buah jeruk nipis juga bisa dimanfaatkan untuk  menghambat pertumbuhan bakteri staphylococcus aureus ada kulit. Jeruk nipis juga bisa untuk mengatasi bau mulut tak sedap, karena kandungan asam pada jeruk nipis dapat mematikan kuman penyebab bau mulut.

Daftar Pustaka:
Anonimus. 2012. Situs dunia tumbuhan. Tersedia di: http://www.plantamor.com.

Anonimus. 2014. Jeruk Nipis  Ciri-ciri Serta Khasiat dan Manfaat Jeruk Nipis. Tersedia di: http://www.tanobat.com/jeruk-nipis-ciri-ciri-serta-khasiat-dan-manfaat-jeruk-nipis.html

Anonimus. 2018. Manfaat Dan Kandungan Nutrisi Jeruk Nipis. Tersedia di: https://www.tipscaramanfaat.com/manfaat-dan-kandungan-nutrisi-jeruk-nipis-67.html

Dalimarta setiawan. 2000. Atlas Tumbuhan Obat Indonesia. Bogor: Trubus
Agriwidya

Jieer. M. 2015. Makalah Tentang Jeruk Nipis ( Citrus Aurantifolia ). Tersedia di: http://gudangilm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Gulir ke Atas
small_c_popup.png

Let's have a chat

Bantuan langsung Perpustakaan Amarta