Tanaman Hias : Calathea



Kingdom
Plantae (Tumbuhan)
Ordo    
Zingiberales
Famili
Marantaceae
Genus  
Calathea
Spesies
Calathea zebrina

Tanaman Calathe Zebra, nama ilmiahnya Calathea Zebrina berasal dari keluarga yang sama (marantaceae) dengan tanaman calathea yang populer sebagai tanaman dalam ruangan. MeskipunCalathea zebrina tumbuh lebih tinggi dan bisa sedikit lebih sulit untuk tumbuh. Sebagai tanaman tropis asli Brasil, Calathea memang membutuhkan lingkungan yang hangat dan lembab yang mendorong dedaunan tumbuh subur dan terlihat menawan.

Morfologi 

Sama seperti yang lainnya dari kelompok Maranta dan genus Calathea. Dia dikenal karena daunnya yang mencolok. Varietas ini memiliki daun ovate berpola beludru yang berwarna hijau muda dengan garis-garis hijau yang lebih gelap, seperti garis-garis Zebra. Bagian bawah daun berwarna ungu dan tidak selalu terlihat karena daun tumbuh secara horizontal (walaupun beberapa akan melengkung atau tumbuh lebih tegak). Merupakan tanaman pembentuk rumpun yang menghasilkan batang panjang (hingga 1 meter) dan daun (panjang 15 inci atau lebih).

Tanaman Calathea Zebrina ini menghasilkan bunga berwarna ungu atau putih yang sulit terlihat di dalam ruangan. Bunganya memang kurang menarik dan bukan daya tarik utama tanaman ini, tetapi ketika mereka mekar masih bagus untuk dilihat.

Manfaat

Manfaat tanaman Calathea ini selain sebagai penghias rumah Anda juga memiliki manfaat lain sebagai penyejuk di dalam ruangan karena tanaman ini sangat cocok untuk ditanam di dalam ruangan atau indoor.Tanaman ini juga dipercaya dapat memberikan kebaikan kepada penghuni rumahnya karena dikenal juga sebagai prayer plant

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Gulir ke Atas
small_c_popup.png

Let's have a chat

Bantuan langsung Perpustakaan Amarta