Tanaman Hias : Bunga Kenop

Gomprena Bunga kenop (Gomphrena globosa) adalah spesies tumbuhan berbunga dari genus Gomphrena; tanaman ini merupakan terna semusim yang ditanam di halaman belakang ataupun pekarangan sebagai tanaman hias.

Morfologi Tanaman Bunga Kenop
1. Morfologi Batang Bunga Kenop Tanaman obat dari bunga kenop ini merupakan jenis dari tanaman semak semusim. Tinggi dari tanaman in bisa mencapai hingga 60 cm. Mempunyai sebuah akar tunggang, dan mempunyai warna kuning kecokelatan. Batangnya sangat tebal, lunak, serta bercabang. Cabang juga terlihat sedikit bersegi empat. Seluruh tanamannya juga tertutup rambut halus panjang yang terlihat  berwarna putih.
2. Morfologi Daun Bunga Kenop Daun tanaman bunga kenop ini merupakan daun tunggal yang mana tumbuhnya saling bertolak belakang. Lembaran dari daunnya cukup tipis seperti kertas dengan bentuk yang  panjang melingkar sampai elips. Panjang dari lembaran daun sekitar 5 – 10 cm dengan ukuran lebar sekitar 2 – 4 cm. Panjang dari tangkai daun sekitar 1 – 1,3 cm, mempunyai rambut halus yang berwarna keabu-abuan. Daun yang ada di bagian bawah yang mendekati permukaan tanah ini hampir tidak mempunyai tangkai daun. Pinggiran dari daun ini bergelombang-sinuate dengan ujungnya yang tumpul. Pada kedua permukaannya terlihat terdapat titik-titik kecil.
3. Morfologi Bunga Kenop Bunga kenop berwarna ungu kemerahan, ungu terang, atau putih terang. Bunganya tersusun atas capitulum atau bonggol bunga yang merapat lembarannya sehingga membentuk kepala-berbentuk bulat atau panjang membulat. Berkelamin 2 dan berbulu. Bunga pada umumnya muncul tunggal di ketiak daun dan bagian atas cabang. Kadang terdapat 2-3 tangkai bunga menyatu.
4. Morfologi Buah dan Biji Bunga Kenop Buah tanaman bunga kenop seperti kotak, bentuknya segitiga, masing-masing terlihat terbungkus lapisan tipis. Sedangkan untuk bijinya terlihat berbentuk seperti ginjal yang mempunyai warna cokelat terang.  
Manfaat Tanaman Bunga Kenop
1. Menyembuhkan Luka Pada Kulit Tanaman bunga kenop ini cukup ampuh dalam hal menyembuhkan luka yang ada di kulit. Jika Anda memiliki beberapa luka pada kulit yang sulit untuk bisa disembuhkan, Anda bisa mencoba dengan bunga ini. Kandungan ini sangat menyehatkan yang terdapat pada bunga kenop ini akan mempercepat pengeringan luka. 2. Obat Kudis dan Koreng Penyakit kulit lainnya yang bisa diatasi dengan memakai bunga kenop yaitu kudis dan koreng. Kandungan anti-infeksi yang ada dalam bunga ini akan bisa membuat luka yang ada di kulit Anda tidak mudah untuk terinfeksi dan cepat untuk mengering dalam beberapa hari.
3. Mencegah Infeksi Saluran Kemih Infeksi saluran kemih atau ISK merupakan penyakit yang bisa menyerang saluran kemih dengan berbagai gejala infeksi. Penyakit ini bisa membuat kencing Anda menjadi tidak normal serta terasa perih. Obat herbal yang sangat cocok untuk mengatasinya, yaitu dengan mengkonsumsi bunga kenop.
4. Baik Untuk Kesehatan Ginjal Ginjal Anda bisa menjadi akan lebih sehat dengan mengkonsumsi bunga kenop. Bunga ini ternyata bisa melindungi kesehatan ginjal dari berbagai ancaman penyakit seperti halnya batu ginjal. Jika Anda ingin menggunakan bahan herbal, maka cobalah untuk memanfaatkan bunga ini.
5. Mencegah Penyakit Bronchitis Tanaman bunga kenop ini mampu untuk mencegah penyakit yang bisa menyerang kesehatan pernapasan, terutama untuk penyakit bronchitis. Bunga ini akan bisa membantu untuk menyehatkan organ paru-paru Anda serta melindunginya dari berbagai gejala bronchitis  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Gulir ke Atas
small_c_popup.png

Let's have a chat

Bantuan langsung Perpustakaan Amarta