Tanaman Obat : Krokot


Klasifikasi :
Kingdom : Plantae
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Magnoliopsida
Ordo : Caryophyllales
Famili : Portulacaceae
Genus : Portulaca L.
Spesies : Portulaca grandiflora

Nama-nama yang lain : rose moss, eleven o’clock, mexican rose, mose rose, sun rose, rock rose, hingga moss-rose purslane. Portulaka atau Bunga Pukul Sembilan merupakan tanaman asal Amerika Selatan (Argentina, Brasil, dan Urugay) yang kemudian tersebar ke berbagai tempat di dunia termasuk Indonesia.

Bunga yang kerap disebut juga sebagai Cantik Manis dan Sutera Bombay ini merupakan tanaman terma semusim yang berbatang basah. Batang tanaman sepanjang antara 15-30 cm dan sering bercabang mulai dari pangkalnya. Batangnya mampu tumbuh tegak atau sebagai menjalar di permukaan tanah. Warna batang krokot ini merah atau hijau dengan rambut-rambut tipis batas ruas batangnya.

Bunga Pukul Sembilan (Portulaca grandiflora) memiliki daun tunggal, tidak bertangkai, berbentuk silindris dan tebal berdaging dan berair. Ukuran daun ini memiliki panjang sekitar 1 – 3,5 cm. Bunganya berkelompok 2 – 8 yang muncul diujung batang. Bunga ini mekar pagi hari sekitar pukul 9 dan layu ketika sore hari. Warna bunganya bervariasi mulai merah, putih, orange, hingga kuning. Karena kebiasaan mekarnya pada menjelang pukul sembilan pagi, bunga ini kerap disebut sebagai Bunga Pukul Sembilan.

Memiliki buah berukuran sangat kecil, berukuran 5-8 mm berbentuk bulat telur. Biji Bunga Cantik Manis ini berbentuk bulat kecil dengan warna cokelat muda.

Tanaman hias dari famili Portulacaceae ini mudah tumbuh pada dataran rendah hingga daerah berketinggian 1.400 meter dpl. Bunga Portulaka termasuk bunga yang mudah perawatannya dan tidak memerlukan banyak air. Perbanyakan tumbuhan ini bisa menggunakan stek daun atau pun menggunakan biji. Tanaman Sutera Bombay ini dapat dijadikan ground cover (tanaman penutup tanah) atau pun ditanam di dalam pot.

Manfaat :

  • 1.Menurunkan berat badan.
  • 2. Mencegah gangguan pertumbuhan pada anak.
  • 3. Mengobati penyakit yang berkaitan dengan usus.
  • 4. Menyehatkan kulit.
  • 5. Menjaga kesehatan jantung dan mencegah strok
  • 6. Menjaga kesehatan mata
  • 7. Menghambat pertumbuhan tumor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Gulir ke Atas
small_c_popup.png

Let's have a chat

Bantuan langsung Perpustakaan Amarta